Feeds:
Pos
Komentar

Sekilas tentang antenna dan polarisasi

Ngerti ndak apa yang dimaksud dengan polarisasi?

Minggu kemarin kita dibantu indomaya merubah polarisasi antenna yang menghubungkan Klampisan dan Pelem. Polarisasi sendiri adalah arah orientasi dari medan electromagnetic (E-Plane) gelombang radio dibandingkan dengan permukaan bumi. Model polarisasi ada tiga, vertikal, horisontal dan circular.

Untuk merubah polarisasi biasanya dilakukan dengan merubah posisi kedudukan antenna. Tapi tidak semua antenna dapat dirubah polarisasinya. Misal antenna kita di belakang (Palur – Klampisan) hanya bisa menggunakan polarisasi vertikal. Hal ini sangat tergantung dengan model dari antenna dan struftur filter polarisasi yang terdapat pada antenna.

vert_pol.jpg                 hort_pol.jpg

Gambar di atas, sebelah kiri menggunakan vertikal polarisasi dan sebelah kanan menggunakan horisontal polarization. Untuk membedakan, perhatikan ujung dari antenna. Di situ terdapat bentuk balok. Jika balok tersebut pada posisi berdiri, berarti antenna tersebut menggunakan vertikal polarization. Jangan tertipu dengan komponen yang berbentuk disk dibagian belakang yang terlihat mendominasi antenna. Karena itu hanya reflector saja.

Balok diujung antenna itu sebenarnya adalah dari inti antenna yang disebut sebagai dipole. Di dalam dipole terdapat dua buah komponen yang berfungsi sebagai antenna. Untuk panjang dari dari masing-masing komponen adalah 1/4 lambda gelombang dari frekuensi. Karena itu masing-masing antenna untuk frekuensi yang berbeda, pasti panjang antenna tidak sama, dengan alasan menyesuaikan panjang gelombang.

Nah sekedar pengetahuan, karena itu jika diperhatikan panjang antenna TV, radio, HP, WIFI, dan antenna-antenna untuk alat lain, pasti bentuk dan panjang antenna tidak sama dan tidak bisa saling ditukar. Misal untuk koneksi WIFI karena ndak punya antenna-nya maka menggunakan antenna TV. Ini namanya mekso.

5 Tanggapan

  1. ada yg bisa bantu gak, gmn caranya bikin antena tv spy acara tv pada jelas semua kgk banyak semutnya. Thx


  2. Mas kalo reflektornya itu gunanya buat apa ya? Trus untuk panjang frekuensi dari masing masing antena misalnya radio berapaan sih mas? hihii maaf pertanyaannya cupu sekali karena saya bukan dari Teknik Telekomunikasi.

    Thanks,

    Tora Fahrudin


  3. ya buat merefleksikan sinyal,….. FYI. sinyal khan ndak dipancarkan langsung ke arah depan,…. tapi dipantulkan dulu ke reflektor biar lebih kuat dan bergizi :D…. BTW saya juga bukan teknik telekomunikasi kok,…. saya dulu SMA 8 Malang jurusan IPS. hehehheee….


  4. Hihii makasih mas megantara penjelasannya.



Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: